Selasa, 29 Januari 2013

Daftar Tokoh Kindaichi Case Files

Ternyata saya lupa untuk memposting satu hal yang cukup penting ini. Yap, inilah daftar tokoh atau karakter dalam Detektif Kindaichi. Memang sih di wikipedia ada artikel ini, namun dalam versi  bahasa inggris.

Tokoh utama dalam serial ini tidak terlalu banyak, hanya 10 orang saja. Oke, tanpa berbasa-basi akan saya langsung bahas.


1. Hajime Kindaichi

Murid SMU Fudo yang malas dan hidupnya seolah-olah tanpa motivasi. Sedikit mesum namun saat ia dihadapkan oleh wanita yang benar-benar bugil di depannya (episode Hihou Isle Murder Case/Pembunuhan di Pulau Harta Karun), dia malah salah tingkah dan menghindari wanita tersebut. Haha, sangat aneh. Selain itu banyak gadis-gadis yang jatuh hati kepadanya, misal Miyuki Nanase, Reika Hayami, Sakura Gonzo (pelaku "Pembunuhan Padang Lavender") dan Masumi Takamori (tokoh di kasus "Pembunuhan Situs Arkeologi").

Namun dibalik kekonyolannya itu, ia bersama sahabatnya sejak kecil, Nanase Miyuki, selalu berhasil memecahkan kasus-kasus misterius sehingga kerap kali dimintai tolong oleh inspektur kepolisian, paman Isamu Kenmochi.

Kepintarannya memecahkan kasus antara lain disebabkan faktor IQ-nya yang mencapai 180 dan Kindaichi adalah cucu dari detektif terkenal Kosuke Kindaichi. Kebesaran nama kakeknya seringkali menjadi cambuk agar dia bisa sehebat atau malah lebih hebat dari kakeknya itu.

Di anime Detektif Kindaichi, tokoh ini didubbing oleh Taiki Matsuno, dan sekali didubbing oleh Kappei Yamaguchi dalam anime filmnya yang berjudul Phantom of Opera. Ada satu hal yang menarik, Kappei Yamaguchi adalah pengisi suara tokoh Shinichi Kudo (Detektif Conan). Agak unik juga sih, suara Shinichi Kudo di dalam tokoh Hajime Kindaichi.


2. Miyuki Nanase 

Miyuki Nanase adalah teman sejak kecil Kindaichi. Ia dan Kindaichi sama-sama sekolah di SMU Fudo. Berhubung sifat Kindaichi yang agak mesum, maka wajarlah jika Miyuki adalah objek utama keisengan Kindaichi dalam hal itu. Haha.

Peran Miyuki hampir sama dengan peran Ran di Detektif Conan. Bedanya disini Miyuki benar-benar menjadi partner sang detektif utama (Kindaichi). Sering muncul pertanyaan, kenapa setiap ada Miyuki & Kindaichi pasti ada kasus pembunuhan?. Ya memang settingnya seperti itu, namanya juga serial misteri, haha.

Tanggal ulang tahun Miyuki adalah 24 November. Cara berpikir Miyuki seperti pada orang pada umumnya. Namun seringkali celotehannya yang ia sendiri menganggap itu hal yang biasa saja, tetapi bagi Kindaichi itu adalah setitik petunjuk guna mengungkap kasus, dan itu manjur!. Contohnya di manga "Misteri Sekolah Gantung Leher", celotehannya berupa "salah pasang kancing" membuat Kindaichi bisa memecahkan kasus.


3. Isamu Kenmochi

Seorang polisi Tokyo penyelidik khusus kasus-kasus pembunuhan yang sangat tertarik dengan kemampuan analisis Kindaichi. Isamu Kenmochi adalah tipikal polisi dengan tingkat analisis yang standar-standar saja (bahkan sering ngawur), meskipun tidak separah Kogoro Mouri. Dia seringkali menyerahkan sepenuhnya urusan analisis menganalisis kepada Kindaichi. Ia hanya membantu dari sisi teknis saja seperti pengumpulan data dan lainnya.


4. Kengo Akechi

Seorang polisi Tokyo yang merupakan atasan Inspektur Kenmochi. Meskipun lebih muda dibandingkan Inspektur Kemochi, ia bisa menduduki jabatan yang elit tersebut dikarenakan kemampuan analisisnya yang luar biasa. Kemampuannya sama seperti Kindaichi, namun karena dia adalah orang pintar versi "rumus", ia sering kalah kalau diadu dg Kindaichi yang lebih berkarakter "out of the box". (Sebenarnya agak susah mencari kata yang menggambarkan Kindaichi dalam hal menganalisis kasus :D). Karena sering bersaing itulah yang mengakibatkan Kindaichi agak membenci Inspektur Akechi.

Dalam Kindaichi Case Files, tokoh Kengo Akechi diberikan sebuah perlakuan khusus yaitu diterbitkannya edisi manga spesial, Akechi File Series.



5. Reika Hayami

Seorang remaja putri seumuran Kindacihi dan Miyuki yang berprofesi sebagai artis dan menjadi idola. Pertama kali muncul di Yukiyasha Legend Murder Case (Pembunuhan Legenda Setan Salju) episode 37-39. Dalam kasus itu ia pertama kali bertemu Kindaichi dan langsung jatuh hati waktu Kindaichi menolongnya saat terjatuh.

Meskipun seorang artis, ia mempunyai masa lalu yang kelam. Ia mengalami hilang ingatan sehingga  ia lupa semua kejadian yang terjadi sebelum usia 6 tahun. Hal itu disebabkan karena ia merupakan korban penculikan. Ia diculik bersama kakak dan ayahnya saat berusia 6 tahun. Namun hanya kakaknya yang berhasil selamat. Sementara ayahnya terbunuh.

Orang yang menculik Reika ternyata merawat dan membesarkannya hingga menjadi seorang artis. Namun Reika tidak mengetahui hal tersebut dan menganggap orang itu adalah ayahnya hingga  terjadi kasus Pembunuhan Rumah Tarot. Kakaknya yang telah lama terpisah kembali dan membunuh "ayah palsu" Reika. Meskipun akhirnya dalam suatu kondisi Reika yang terancam tertimbun longsoran salju, kakaknya menyelamatkannya dan meninggal. :'(

Kasus terakhir lainnya yang melibatkan Reika Hayami adalah Reika Hayami Kidnapping Murder Case. Dalam kasus ini akhirnya terkuak fakta bahwa ibu Reika adalah aktris veteran Keiko Mitamura. Namun hal tersebut hanya diketahui oleh Kindaichi dan Keiko sendiri.


6. Yosuke Itsuki

Seorang jurnalis yang pada awalnya bersifat angkuh dan sombong namun berubah menjadi baik karena tertarik dengan kemampuan Kindaichi. Yosuke Itsuki bukanlah nama aslinya. Nama aslinya berinisial SK. Inisial itulah yang akhirnya menjadi petunjuk Kindaichi dalam mengetahui motif Pembunuhan Legenda Danau Hiren.

Setelah kasus tersebut, beberapa kali Kindaichi dimintai tolong oleh Itsuki untuk membantunya memecahkan kasus. Begitu juga sebaliknya. Contoh, dalam kasus "Kindaichi Si Pembunuh??!!" dan "Pembunuhan Padang Lavender".

7. Ryuta Saki & Ryuji Saki

Ryuta Saki Keduanya adalah kakak beradik. Ryuta sang kakak adalah anggota klub misteri SMU Fudo dan teman seangkatan Kindaichi. Ciri khasnya adalah rambut belah tengah, kacamata, dan handycam yang selalu dibawanya kemana-mana. Ia selalu merekam situasi sehingga sering membantu Kindaichi dalam memecahkan kasus. Sayang, Ryuta ikut terbunuh dalam kasus ke-7 (Pembunuhan Santa Janggut Merah). :'(

Ryuji Saki
Ryuji Saki adalah pengganti posisi kakaknya. Umurnya selisih 3 tahun dengan Kindaichi. Ia sangat mirip dengan kakaknya. Pertama kali muncul di kasus ke-10 (kasus Kindaichi Si Pembunuh??!!). Dalam kasus "Kindaichi Si Pembunuh??!!", rekamannya berhasil menguak fakta bahwa si pembunuh menggunakan kacamata yang berbeda, dan itu cukup untuk menjadi petunjuk bagi Kindaichi.


8. Fumi Kindaichi

Sepupu Kindaichi, berusia 9 atu 10 tahun (saya lupa pastinya, hehe). Seperti layaknya kakak dan adik, Fumi dan Kindaichi sering bertengkar. Muncul di beberapa kasus, antara lain Pembunuhan Kupu-Kupu Hitam Kematian dan Pembunuhan Situs Arkeologi.


9. Yoichi Takato

Seorang pesulap, pembunuh, dan musuh terbesar Kindaichi (setelah Kengo Akechi). Pertama kali muncul di kasus Pembunuhan Kereta Ekspress. Ia merupakan manager group pesulap terkenal di Jepang. Penampilannya yang terlihat agak culun (karena kacamatanya) cukup menipu banyak orang karena sebenarnya ia adalah pesulap pembunuh yang mengerikan.

Pada kasus Kereta Ekspress tersebut ia berhasil tertangkap tanpa perlawanan. Namun berhasil lolos saat dipenjara. Hingga kini ia tidak pernah berhasil ditangkap meskipun sering muncul di kasus-kasus lainnya.



*klik foto untuk memperbesar


Kengo Akechi

Yosuke Itsuki (paling kanan)
Reika Hayami :)

Hajime Kindaichi


Nanase Miyuki

Sakura Gonzo

Masumi Takamori

Masumi Takamori :)

Nanase Miyuki
Trio "Chi" :: Akechi, Kindaichi, Kenmochi

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mau meralat aja sih, ya..untuk point Yoichi Takato :

    - Kengo Akechi bukan musuh Kindaichi, dia hanya semacam "friendly rival".
    - Yang membuat Youichi takato tampak 'culun' ketika menyamar bukan kacamatanya, tetapi sikapnya yang selalu kelihatan gugup.
    -Youichi Takato bukan tertangkap tanpa perlawanan, di komiknya dia mencoba mengelak beberapa kali & pada akhirnya menyerahkan diri setelah mengambil buku sulap Reiko Chikamiya yang tadinya berada di tangan Sakonji.
    - Youichi takato bukan "pesulap pembunuh yang mengerikan",yang mengerikan adalah perbuatannya.

    Sekian & terima kasih.

    BalasHapus