Rabu, 30 Januari 2013

Fakta-Fakta Menarik Seputar Detektif Kindaichi



1. Hajime Kindaichi adalah seorang detektif SMU yang agak mesum. Di versi manganya, dua kali adegan "burung" Kindaichi membesar (di kasus Pembunuhan 7 Misteri SMU Fudo dan Pembunuhan Situs Arkeologi). Anehnya, ia akan menolak atau menghindari wanita yang menghampirinya dalam keadaan telanjang bulat. Biasanya hal tersebut terjadi saat ia sedang berendam di pemandian air panas.

2. Beberapa gadis cantik jatuh hati kepada Kindaichi, setidaknya ada 4 gadis. Nanase Miyuki, Reika Hayami, Sakura Gonzo, dan Satsuki Munakata. Sakura Gonzo adalah pelaku kasus Pembunuhan Padang Lavender. Satsuki Munakata adalah anak keluarga arkeolog di kasus Pembunuhan Situs Arkeologi.

3. Hampir tidak ada motif harta atau materi dibalik kasus pembunuhan di serial ini. Mayoritas pembunuhan dilatar belakangi dendam dan upaya untuk menutupi kejahatan di masa lalu. Dan satu hal yang menarik, banyak pelaku pembunuhan yang memutuskan untuk bunuh diri setelah kejahatannya terungkap. Di kasus Pembunuhan 7 Misteri SMU Fudo si pelaku ditusuk hingga meninggal oleh ayah korban. Sementara di kasus Pembunuhan Samurai Tanpa Kepala, si pelaku tak sengaja meminum teh beracun hingga meninggal.

Saya review satu persatu.

* Pembunuhan Legenda Danau Hiren :: Si pelaku (Eiji Tono) kabur menunggangi speedboat dan meledakkannya di tengah danau.

* Pembunuhan Kupu-Kupu Hitam Kematian :: Si pelaku bersama ibunya membakar diri di sebuah gubuk tempat penyimpanan alat-alat perawatan kupu-kupu.

* Pembunuhan Pondok Tarot :: Si pelaku menyelamatkan adiknya, Reika Hayami dari longsoran salju. Ia meninggal tertimbun longsoran salju.

* Pembunuhan Padang Lavender :: Sakura Gonzo memutuskan untuk bunuh diri dengan menusuk perutnya sendiri.

* Kasus Kindaichi Sang Pembunuh??!! :: Dalam kasus ini, si pelaku yang  memutuskan untuk bunuh diri dan berwasiat untuk mendonorkan ginjalnya untuk putrinya sendiri. Anak pelaku pun berhasil menerima donor ginjal dari ayahnya dan setelahnya diadopsi oleh Itsuki.

* Pembunuhan Situs Arkeologi :: Saat si pelaku akan menusuk lehernya sendiri dengan pisau, tiba-tiba petir menyambarnya dan ia tak jadi meninggal. Si pelaku hanya mengalami amnesia setelah kejadian itu dan beberapa waktu setelahnya ia meninggal.

* Pembunuhan Kastil Boneka Lilin :: Si pelaku melakukan aksi bunuh diri dengan membakar kastil boneka lilin bersama dirinya sendiri.

* Pembunuhan Pulau Kuburan :: Sebenarnya pelakunya ada dua (sepasang kekasih). Namun mungkin sebagai laki-laki, ia merasa wajib untuk bertanggung jawab. Maka ia langsung bunuh diri dengan memakan kapsul racun. Akhirnya pelaku laki-laki meninggal dan yang perempuan masuk penjara.

4. Kasus-kasus pembunuhan dalam serial Detektif Kindaichi sebenarnya sangatlah sederhana namun rumit. Tak banyak trik-trik rumit yang dilakukan dan masih sangat natural (beda dengan Detektif Conan yang sifatnya fantasi, hehe). Yang membuat serial ini sangat menarik adalah emosi yang timbul dalam setiap kasus. Seringkali kita malah merasa kasihan dengan nasib si pelaku dan malah menyalahkan apa yang dilakukan korban sebelumnya. :'(

5. Ada beberapa kasus yang saling berkaitan. Kalau di animenya ada, kasus Pembunuhan Legenda Danau Hiren dan kasus Pembunuhan Kapal Hantu. Inti dari kedua kasus ini adalah kasus kecelakaan kapal tanker dan kapal pesiar. Pembunuhan Legenda Danau Hiren berdasarkan korban kapal pesiar. Sementara kasus Pembunuhan Kapal Hantu dari korban Kapal tanker.

Kasus Pembunuhan Legenda Danau Hiren juga berkaitan dengan Kasus Pembunuhan Kupu-Kupu Hitam. Eiji Tono sang pelaku pembunuhan di danau Hiren diduga masih hidup dan tinggal di keluarga kupu-kupu tersebut dalam keadaan amnesia. Namun hal tersebut masih menjadi misteri apakah itu benar-benar Eiji Tono atau bukan. Kemungkinan besar adalah, IYA, itu adalah Eiji Tono.


Nantikan fakta-fakta menarik lainnya dalam postingan dengan tag "Fakta Menarik". Enjoy!

1 komentar: